Tembang jawa mocopat dapat digolongkankan menjadi 11 tembang, yang
menggambarkan jalannya kehidupan manusia sejak didalam kandungan ibunda
sampai meninggalnya untuk menghadap Yang Maha Kuasa, yaitu :
1. Maskumambang, gambarake jabang bayi sing isih ana
kandhutane ibu, sing durung kawruhan lanang apa wadon. Mas tegese
durung weruh lanang dan wadon. Kumambang tegese uripe ngambang nyang
kandhutane ibune.
Melambangkan embrio yang masih dalam kandungan ibunya, yang belum
diketahui laki atau perempuan. Mas, artinya belum diketahui laki atau
perempuan, sedangkan Kumambang, artinya hidupnya masih dialam kandungan
ibundanya.
2. Mijil, ateges wis lahir jabang bayine wujud lanang apa wadon
Artinya sudah lahir didunia jenis kelamin laki atau perempuan.
3. Kinanthi, saha tembung kanthi utawa tuntun, kang ateges dituntun supaya bisa mlaku ngambah panguripan alam ndonya.
Berasal dari kata kanthi atau menuntun, yang artinya dituntun supaya dapat berjalan didunia ini.
4. Sinom, tegese kanoman, minangka kalodhangan sing paling penting kanggone remaja supaya bisa ngansu kawruh sak akeh-akehe.
Artinya pemuda/remaja, disini yang terpenting bagi remaja agar bisa menuntut ilmu yang setinggi-tingginya.
5. Asmaradana, tegese rasa tresna, tresna marang liyan (pria lan wanita) kang kabeh mau wis dadi kodrat Illahi.
Artinya mempunyai rasa cinta kasih kepada sesamanya baik itu pria
maupun wanita, karena semua itu sudah merupakan kehendak/kodrat Yang
Maha Kuasa.
6. Gambuh, saka tembung jumbuh/sarujuk kang ateges
yen wis jumbuh/sarujuk njur digathukake antarane pria lan wanita sing
pada nduweni rasa tresna mau, ing pangangkah supaya bisaa urip bebrayan.
Berasal dari kata nyambung/sesuai yang artinya kalau sudah pas
selanjutnya dijodohkan antara pria dan wanita yang sudah saling
mencintai, dengan harapan dapat menjalin kehidupan yang langgeng.
7. Dandanggula, nggambarake wong kang lagi
seneng-senenge, apa kang digayuh bisa kasembadan. Kelakon nduwe
sisihan/keluarga, duwe omah, urip cukup kanggo sakkeluargane. Mula kuwi
wong kang lagi bungah/bombong atine bisa diarani lagu dandanggula.
Menggambarkan seseorang yang berbahagia, apa yang dicita-citakan
dapat terlaksana. Terlaksana mempunyai pasangan, mempunyai rumah,
kehidupan yang kecukupan untuk keluarganya. Makanya seseorang yang
sedang menemukan kebahagiaan dapat dikarakankan ibaratn lagunya
dandanggula.
8. Durma, saka tembung darma/weweh. Wong yen wis rumongso kacukupan
uripe banjur tuwuh rasa welas asih marang kadang mitra liyane kang lagi
nandhang kacintrakan, mula banjur tuwuh rasa kepingin darma/weweh marang
sapadha-padha. Kabeh mau disekunyung uga saka piwulange agama lan watak
sosiale manungsa.
Berasal dari kata pemberi. Seseorang yang merasa kecukupan hidupnya
kemudian tergugah rasa kasihan kepada sanak saudara yang sedang
menderita, makanya tergugah ingin membantu dan memberi pertolongan
kepada siapa saja. Semua itu diberikan pertolongan sesuai ajaran agama
dan rasa sosialnya kepada sesama.
9. Pangkur, saka tembung mungkur kang ateges, nyingkiri hawa nepsu angkara murka, kang dipikir tansah kepingin weweh sapadha-padha.
Berasal dari kata meninggalkan yang artinya menghindari hawa nafsu
yang angkara murka, semua yang dipikirkan senantiasa berkeinginan
membantu kepada sesamanya.
10. Megatruh, saka tembung megat roh utawa pegat rohe/nyawane, awit wis titi wncine katimbalan marak sowan mring Sing Maha Kuasa.
Berasal dari kata lepas rohnya atau mati, karena sudah saatnya dipanggil menghadap kepada Yang Maha Kuasa.
11. Pucung, yen wis dadi layon/mayit banjur dibungkus mori putih utawa dipocong sak durunge dikubur.
Semoga kita bisa mengambil manfaat yang sebesar - besarnya dari
filosofi tersebut agar bahagia di dunia dan kehidupan kekal berikutnya.
Amin…
Dikutip dari:http://blog.uns.ac.id/members/arudewangga/blogs/recent-posts
0 komentar:
Posting Komentar