Senin, 28 November 2011

12 PAS, TIPS HIDUP SEHAT

Cara berfikir dan perubahan gaya hidup, sesunguhnya membawa dampak bagi kesehatan seseorang. Selain mudah terserang penyakit dengan berbagai makanan siap saji yang diasup, kurangnya aktivitas fisik dan seringnya mereka tidur malam menjadi penyebab tubuh kurang bugar. Ditambah, cara berpikir yang selalu suram.
Nah, jika ingin tetap bugar di tengah himpitan rutinitas yang tinggi, rubahlah cara berfikir suram, gantilah yang positif, dan ikuti “12 Pas Tips Hidup Sehat” di bawah ini.
1.Awali dengan minum air putih: Bangun dari tidur, berdoalah, mengucap syukur atas semua nikmatnya. Sugestilah diri Anda dengan mengucap lirih, tubuh saya sehat, hari ini penuh semangat, semuanya jadi cerah dan indah. Lalu sebelum aktivitas, awalilah dengan meminum air putih dua gelas, sebagai pembuka hidup. Usahakan, setiap hari minum dua liter air putih secara bertahap.
 
2.Banyak konsumsi buah dan sayur: Dalam asupan makanan yang masuk ke tubuh Anda, perbanyaklah makan buah-buahan segar, dan sayur-sayuran. Karena buah dan sayur kaya vitamin dan penuh serat alami, yang bisa menyehatkan Anda. Banyak makan buah dan sayur juga menjaga pencernakan tetap bagus, dan buang air besar lancar. Dengan demikian, penyerapan makanan jadi sempurna dan pembuangan sampah dari tubuh Anda bisa maksimal. Ini merupakan salah satu cara menjaga tubuh tetap sehat.
 
3.Hindari gorengan: Hindarilah makanan-makanan yang berlemat, seperti gorengan dan lain-lain. Kalau terpaksa harus memakannya, makan sedikit saja. Hindari juga makanan yang manis-manis, terutama makanan yang penuh dengan kadar gula. Kalau manis alami dari alam, misalnya buah, tidak masalah.
 
4.Selalu aktif setiap hari: Usahakan bisa selalu aktif setiap hari. Kerjakanlah, pekerjaan-perkerjaan yang Anda sukai dengan penuh kegembiraan. Pokoknya usahakan melakukan agenda yang melibatkan aktivitas fisik, dalam rutinitas Anda. Kita semua tahu bahwa berolahraga dalam bentuk apapun sangat penting untuk kebugaran seseorang. Berolahragalah sebentar, sebelum memulai hidup Anda. Untuk menjaga Anda tetap bugar, lakukan cara-cara sederhana, misalnya menghindari penggunaan lift dan eskalator dan beralih ke tangga, melakukan pekerjaan rumah tangga, mengajak anjing berjalan-jalan, bermain dengan anak-anak Anda, dan kegiatan fisik lainnya.
 
5.Makan yang benar: Makanlah dalam porsi kecil, bernutrisi, namun sesuai dengan jadwal makan yakni tiga kali sehari. Jangan lupa, perhatikan pula asupan gizi harian Anda. Ahli gizi mengatakan, minum air putih dengan jumlah sedikit adalah sebuah kesalahan besar. Karenanya, cukup kandungan cairan dalam tubuh Anda harus terus dijaga, sehingga stamina tubuh tetap terjaga. Jangan lupa, hindarilah makanan yang berlemak tinggi seperti, burger dan daging olahan lainnya, produk susu olahan seperti keju dank rim. Jika ingin mengonsumsinya juga, pilihlah yang versi rendah lemak. Tinggalkan pula mayones, mentega, dan saus dalam sandwich Anda.
 
6.Jangan merokok: Kita semua tahu bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan, karenanya perlu kita hindari kebiasaan yang mematikan ini. Anda tentu tidak ingin terkena kanker dan penyakit lain yang mengancam nyawa Anda bukan? Jadi, meskipun hal tersebut sulit untuk dilakukan, sebaiknya jangan pernah menyerah untuk melakukannya. Kurangi merokok Anda setiap hari, dan tetapkan tujuan untuk memimpin hidup Anda bebas dari asap rokok.
 
7.Hilangkan stres dari hidup Anda: Ini hanyalah hal yang paling penting Anda lakukan. Menghilangkan stres sama sekali dalam hidup memang bukan hal yang mudah. Hanya saja, mengatur kehidupan dengan lebih baik akan membuat Anda terminimalisir dari stres. Instruktur yoga Keya Ray mengatakan, berlatih yoga dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu meminimalisir stres. Hal ini tidak hanya membuat tubuh fit, tapi juga aktif dan menjaga pikiran tetap aktif. Selain itu, Anda pun dapat menghabiskan waktu di spa untuk pijat dan hair spa. Ini adalah ide bagus untuk mencegah stres mampir di tubuh Anda.
 
8.Waspadalah terhadap polusi: Hal ini bisa menjadi sebuah tantangan, tetapi Anda pun dapat mencobanya dengan menghindari daerah-daerah yang sangat tercemar agar polusi tidak mengontaminasi tubuh. Kalau naik roda dua, gunakan masker penutup hidung dan mulut.
 
9.Hindari minuman keras: Kita tahu bahwa penelitian membuktikan bahwa segelas anggur sesekali memang dapat membantu melindungi penyakit jantung. Tapi jika Anda terus-menerus menenggak minuman tersebut dan tidak tahu kapan harus berhenti, maka bersiaplah mengalami masalah serius dengan kesehatan Anda. Pokoknya, hindarilah minuman keras.
 
10. Berpikir positif: Memiliki pandangan positif terhadap kehidupan merupakan kunci penting agar hidup terasa lebih rileks. Psikolog Seema Hingorrany berkata, "Apa yang inginkan adalah apa yang Anda pikirkan. Jadi, kelilingi selalu orang-orang positif dalam diri Anda. Hal ini akan sangat membantu."
 
11.Luangkan waktu yang berkualitas: Ketika Anda menghabiskan saat-saat bahagia dengan keluarga dan teman-teman, maka akan ada perasaan katarsis, atau pembersihan dalam diri. Psikolog mengatakan, bahwa menghabiskan waktu dengan orang-orang yang Anda sayangi dapat membantu reaksi bahan kimia di otak sehingga Anda merasa lebih baik dan nyaman.
 
12.Tidur cukup: Mungkin Anda akan sangat terkejut. Tetapi tidur yang cukup akan menciptakan keajaiban bagi kesehatan fisik dan mental. Dengan istirahat yang cukup, maka perasaan jengkel dan kesal di tubuh akan terminimalisir. Tidurlah yang cukup, dengan tubuh rileks dan pikiran yang nyaman. 
 
Itulah 12 pas, tips hidup sehat. Bisa anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga hidup anda jadi berkualitas, sehat dan nyaman. Nikmati, kurnia dari yang Maha Kuasa, yaitu hidup sehat. Karena semua orang menginginkan hidupa sehat bukan? Sesungguhnyalah, kesehatan adalah harta yang tak ternilai kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More